-->

Contoh Laporan Praktek Kerja Lapangan Bab 1

BAB I

PENDAHULUAN


1.1  Latar Belakang

Perdagangan bebas dunia dengan dukungan kemajuan teknologi yang sarat akan persaingan, yang menuntut pengusaha-pengusaha industri cenderung terus melakukan perbaikan-perbaikan pada produk yang mereka hasilkan. Para pengusaha industri sadar bahwa persaingan semakin terbuka diantara perusahaan yang memproduksi barang sejenis.

Untuk dapat mengatasi semakin meningkatnya persaingan ini, perusahaan berusaha untuk dapat menghasilkan produk-produk yang memenuhi persyaratan atau produk-produk yang memenuhi standart internasional agar tetap mampu bertahan dalam kondisi persaingan pasar baik di dalam negeri maupun diluar negeri.Salah satu pertimbangannya adalah peran Manajemen Sumber Daya Manusia.

Manajemen yang tepat dapat menunjang kelangsungan hidup perusahaan, sebab tanpa adanya manajemen yang baik akan terjadi penyimpangan - penyimpangan yang tidak disadari maupun disadari yang mana akan mengakibatkan kerugian pada suatu perusahaan tersebut.

PT. ARTAWA INDONESIA adalah perusahaan yang bergerak dalam bidang jasa pembuatan tanki, pipa, dan konstruksi baja bangunan. Perusahaan ini menggunakan sistem job order, yaitu memproduksi tanki, pipa, dan konstruksi baja bangunan sesuai dengan pesanan pelanggan.

Oleh karena itu sistem Manajemen Sumber Daya Manusia sangat diperlukan dalam proses produksi di PT. ARTAWA INDONESIA agar kualitas produk dan tujuan perusahaan dapat tercapai. Dengan adanya Manajemen Sumber Daya Manusia diharapkan semua kegiatan perusahaan dapat terlaksana dengan baik efektif dan efesien.



1.2  Ruang Lingkup 


Dalam laporan Praktek Kerja Lapangan ini hanya akan dibahas mengenai

Proses produksi dan Manajemen Sumber Daya Manusia (MSDM) di PT. ARTAWA INDONESIA.

1.3  Tujuan Praktek Kerja Lapangan 

Tujuan dari Praktek Kerja Lapangan di PT. ARTAWA INDONESIA adalah sebagai berikut :
1. Mengetahui Proses Produksi  di PT. ARTAWA INDONESIA.
2. Mengetahui Manajemen Sumber Daya Manusia ( MSDM ) yang diterapkan di PT.
    ARTAWA INDONESIA.

1.4  Manfaat Praktek Kerja Lapangan

Pelaksanakan kerja praktek di dalam perusahaan mempunyai manfaat yang didapat antara lain :

a. Bagi Mahasiswa.
Dapat memperluas pengetahuan mahasiswa tentang bagaimana proses yang ada dalam perusahaan yaitu mengenai proses produksi dan Manajemen Sumber Daya Manusia ( MSDM ) di perusahaan tersebut.

b. Bagi Perusahaan.
Diharapkan dapat memberi masukan bagi perusahaan tempat kerja praktek dalam hal peningkatan produktivitas.

c. Bagi Universitas
Dapat menambah ilmu pengetahuan dan wawasan tentang Proses Produksi dan Sistem Manajemen dalam hal ini Manajemen Sumber Daya Manusia ( MSDM ) dari suatu perusahaan.

1.5  Sistematika Penulisan

Sistematika penulisan yang dipergunakan dalam laporan kerja praktek ini adalah sebagai berikut :

BAB I  PENDAHULUAN

Bab pendahuluan ini meliputi Latar Belakang, Ruang Lingkup, Tujuan, Manfaat, dan Sistematika Penulisan.

BAB II  TINJAUAN PUSTAKA

Bab ini berisi tentang teori–teori yang mendukung penulisan obyek kerja praktek, yaitu teori mengenai Sistem Produksi, Manajemen Sumber Daya Manusia ( MSDM ) dan pengertian bahan.

BAB III  SISTEM PRODUKSI DI PERUSAHAAN 

Bab ini meliputi Bahan Baku yang diperlukan, Permesinan, Tenaga Kerja, Proses Produksi, Metode Kerja, dan Produk yang dihasilkan di PT. ARTAWA INDONESIA GRESIK.

BAB IV  TUGAS KHUSUS MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA

Bab ini membahas tentang laporan praktek kerja lapangan, khususnya pembahasan tentang Manajeman Sumber Daya Manusia (MSDM).

BAB V  KESIMPULAN DAN SARAN 

Bab ini berisi tentang kesimpulan yang didapat pada pembahasan Sistem Produksi dan Manajemen Sumber Daya Manusia (MSDM) serta saran – saran yang diberikan kepada perusahaan agar nantinya dapat berguna bagi perusahaan itu sendiri.

DAFTAR PUSTAKA

LAMPIRAN


Baca juga :

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Contoh Laporan Praktek Kerja Lapangan Bab 1"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel