-->

Contoh Laporan Praktek Kerja lapangan Bab 6

BAB V

KESIMPULAN DAN SARAN


6.1 Kesimpulan

Adapun kesimpulan yang didapat dari kegiatan Praktek Kerja Lapangan adalah :

1. Sistem Produksi

a) Pada PT. ARTAWA INDONESIA bahan baku utama yang digunakan untuk proses produksi adalah baja karbon dan steenlist steel. Dengan mengutamakan pembuatan produk tangki. Jenis baja yang digunakan di perusaahaan yaitu SS 400 dengan berbagai macam tipe seperti ST 90, A 36, A 53. Sedangkan jenis  untuk stainless steel yaitu SUS 316, SUS 304, SUS 310.

b) untuk proses produksi di PT. ARTAWA INDONESIA dengan langkah-langkah proses seperti design/drawing shop,estimation, purchasing, marking and cutting, roll/maddining, assembly, welding, inspeksi, finishing, painting, packing, delivery. Untuk produk utama yang sering dipesan seperti tangki dan pipa

2. Manajemen Sumber Daya Manusia di PT. ARTAWA INDONESIA

Jumlah tenaga kerja di PT. ARTAWA INDONESIA ini sebanyak 165 orang pegawai, terdiri dari 64 tenaga kerja tetap, 101 tenaga kerja kontrak. Tugas Manajemen Sumber Daya Manusia di PT. ARTAWA INDONESIA meliputi perencanaan dan pengadaan, pengembangan, karyawan, kesehatan dan keselamatan kerja, pengurusan cuti karyawan, penentuan sanksi pelanggaran yang dilakukan oleh pekerja.

6.2 Saran

Adapun beberapa saran yang dapat penulis berikan kepada pihak PT. ARTAWA INDONSEIA sebagai bahan pertimbangan yang mengarah pada perbaikan adalah :

1. Setiap karyawan yang memiliki kinerja baik harus diberikan bonus atau reward khusus untuk menambah motivasi kerja.
2. Perlu adanya pengendalian jumlah karyawan pada saat perusahaan sedang dalam kondisi vakum atau sedang tidak melakukan kegiatan produksi.
3. Perlu adanya pelatihan tentang kesehatan dan keselamatan kerja (K3), terutama untuk karyawan pada bagian safety.


Baca juga :

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Contoh Laporan Praktek Kerja lapangan Bab 6"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel